FAKTOR
INTERNAL :
Masalah 1 : Sulit memperhatikan
Ø Penyebab: anak yang sulit memperhatikan yang sering kali dari faktor materi yang
tidak menyenangkan atau anak tersebut tidak suka terhadap materi yang diajarkan dan tidak suka terhadap guru yang
mengajar karena biasanya kalau murid tidak suka memperhatikan sampai-sampai
guru yang mengajar tidak di sukai. Sebaliknya kalau materinya menarik dan anak
suka otomatis gurunya pun di senangi
Ø Solusi: anak harus di berikan semacam rangsangan terlebih dahulu supaya bagaimana
anak itu senang akan materi yang disampaikan dan membangkitkan rasa keingintahuannya sehingga anak pada akhirnya
memperhatikan, karena guru memberikan metode belajar dengan cara menarik dan
membangkitkan rasa ingin tahu anak.
Masalah 2 : Peserta Didik Yang
Kurang Memiliki Motivasi Dalam Belajar.
Ø Penyebab
: Kurangnya kemampuan yang dimiliki,
kuranganya prasarana, seperti contoh buku yang masih minim.
Ø Solusi:
anak yang kurang termotivasi selama
belajar pada awalnya kita harus memberikan perlakuan yang khusus dulu seperti
memberikan tangggung jawab dulu kepada guru BP/ yang mana guru BP itu sendiri
memberikan sebuah perlakuan khusus dulu kepada anak tersebut. Nah di sinilah
peran guru BP membangkitkan semangat anak ini, bagaimana supaya dia termotivasi
kembali di dalam belajar sehingga guru BP tersebut bisa melihat apa kendala
yang di hadapi anak selama ini yang lebih dominan dengan sebuah pertanyaan
kenapa anak itu kurang termotivasi di dalam belajar sehingga guru BP tersebut
bisa mengetahui penomena yang dihadapi anak tersebut.
FAKTOR EKSTERNAL :
Masalah 1 : Kurangnya konsentrasi dalam mengikuti pelajaran
Ø Penyebab:, mungkin
karena menonton acara televisi hingga larut malam. sarapan yang terlalu
berlebihan, atau bosan dengan metode pelajaran yang diberikan guru.Ø Solusi: Orang tua harus menasehati atau menyuruh dan memberikan batasan waktu siswa untuk istirahat agar pada pagi harinya siswa tidak mengantuk di sekolah, orang tua juga harus memperhatikan porsi sarapan pada anak agar si anak tidak mengantuk pada saat jam pelajaran .Dan guru juga harus memberikan metode pembelajaran yang lebih menarik bagi peserta didiknya sehingga peserta didik tidak bosan .
Masalah 2 : Mencari perhatian dengan cara-cara yang
tidak baik
Ø Penyebab: Siswa dengan
masalah seperti ini biasanya di keluarga atau dirumah kurang mendapat perhatian
dari salah satu atau
kedua orang tua. Sehingga siswa ini mencari-cari perhatian yang tidak dia
dapatkan dirumah.
Ø Solusi: solusi yang
bisa di capai anatara lain; bisa dengan memberikan perhatian khusus pada siswa
tersebut asalkan jangan
sampai melewati batas, bisa juga dengan memberitahukan masalah ini pada wali
murid dengan begitu orang tua siswa tersebut bisa memberikan perhatian lebih kepada anaknya.
FAKTOR INTERNAL :
Masalah
1 : Peserta Didik Yang Pemalu
Ø penyebabnya
: Yang pertama ini biasanya dari
faktor anak itu sendiri, dan apabila tidak dirubah maka akan selamanya anak itu
jadi pemalu terus, tetapi anak yang pemalu bukannya tidak bisa, mungkin ada
faktor lain contohnya di dalam memberikan pertanyaan anak itu biasanya malu
karena bisa-bisa nanti apa yang ditanyakan salah atau tidak rasional dan
biasanya anak itu malu bertanya takut di tertawakan temannya. Ø Solusi: tidak segampang itu kita merubahnya. Ini perlu perlahan-lahan. Anak semacam ini kita ajak belajar di ruangan terbuka dan kemudian dia bisa bertanya dengan leluasa karena bebas. Bisa saja apa yang ditanyakan itu biasa-biasa saja, tetapi lewat itu kita bisa melatih anak itu untuk bertanya supaya tidak malu dan hal tersebut perlu dilakukan berulang-ulang sampai anak itu percaya diri.
Masalah 2 : Tidak
mengerjakan PR
Ø Penyebab: Karena siswa
tersebut terlalu lelah dan bisa juga karena siswa tersebut memang ceroboh dan
tidak bertanggung jawah atas tugas yang diberikan guru kepadanya
Ø Solusi: Caranya bisa
dengan menambah tugas yang diberikan sehingga anak tersebut akan berusaha
mengingat tugas-tugas apa yang diberikan kepadanya dan guru juga dapat member nasehat
serta member motivasi agar anak akan lebih berusaha mengerjakan tugas -tugas
yang di berikan oleh guru.
FAKTOR EKSTERNAL :
Masalah
1 : Berfikir lambat
Ø Penyebab: faktor keturunan, dan lingkungan /biologis. Tidak pernah mencoba untuk berfikir secara cepat ini juga di sebabkan
perbedaan character manusia ada yang daya pikirnya cepat ada yang daya pikirnya
lambat (split personality), lambat dalam berfikir, dan mengacu kepada lambat dalam berprilaku, dan berusaha sesungguhnya merupakan penyakit fisik akibat dari adanya
disfungsi sel-sel otak, sekalipun gejala- gejalanya tampak dalam pikiran,
perasaan dan prilaku.
Ø Solusi: melatih otak untuk terus menerus untuk berfikir cepat dan menghapal cepat
kalau sudah terbiasa maka kebiasaan perfikir lambat Akan hilang belahan lahan
intinya kita harus bayak menggali potensi otak selama ini yang kita miliki
yaitu meninggalkan hal hal yang lambat kita lakukan maka kita lakukan dengan
cepat dan tertata.
Masalah 2 : Stres Pada Anak
Ø Penyebab
: Melihat peristiwa pertengkaran kedua
orang tuanya Ø Solusi : Seharusnya kedua orang tua jika mengalami suatu masalah, hendaklah berbicara secra sehat jangan mempertontonkan kemarahan mereka terhadap anak. Karena jika anak-anak melihat kedua orang tuanya bertengkar , anak akan merasa sedih dan stress yang teramat dasyat sehingga anak akan susah menerima pelajaran yang di berikan guru pada saat di sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar