Sabtu, 13 Desember 2014

MASALAH DAN SOLUSI PEMBELAJARAN ANAk



FAKTOR INTERNAL :
Masalah 1 : Sulit memperhatikan
Ø  Penyebab: anak yang sulit memperhatikan yang sering kali dari faktor materi yang tidak menyenangkan atau anak tersebut tidak suka terhadap materi yang diajarkan dan tidak suka terhadap guru yang mengajar karena biasanya kalau murid tidak suka memperhatikan sampai-sampai guru yang mengajar tidak di sukai. Sebaliknya kalau materinya menarik dan anak suka otomatis gurunya pun di senangi
Ø  Solusi: anak harus di berikan semacam rangsangan terlebih dahulu supaya bagaimana anak itu senang akan materi yang disampaikan dan membangkitkan rasa keingintahuannya sehingga anak pada akhirnya memperhatikan, karena guru memberikan metode belajar dengan cara menarik dan membangkitkan rasa ingin tahu anak.  
Masalah 2 : Peserta Didik Yang Kurang Memiliki Motivasi Dalam Belajar.
Ø Penyebab : Kurangnya kemampuan yang dimiliki, kuranganya prasarana, seperti contoh buku yang masih minim.
Ø Solusi: anak yang kurang termotivasi selama belajar pada awalnya kita harus memberikan perlakuan yang khusus dulu seperti memberikan tangggung jawab dulu kepada guru BP/ yang mana guru BP itu sendiri memberikan sebuah perlakuan khusus dulu kepada anak tersebut. Nah di sinilah peran guru BP membangkitkan semangat anak ini, bagaimana supaya dia termotivasi kembali di dalam belajar sehingga guru BP tersebut bisa melihat apa kendala yang di hadapi anak selama ini yang lebih dominan dengan sebuah pertanyaan kenapa anak itu kurang termotivasi di dalam belajar sehingga guru BP tersebut bisa mengetahui penomena yang dihadapi anak tersebut.

FAKTOR EKSTERNAL :
Masalah 1 : Kurangnya konsentrasi dalam mengikuti pelajaran
Ø  Penyebab:, mungkin karena menonton acara televisi hingga larut malam. sarapan yang terlalu berlebihan, atau bosan dengan metode pelajaran yang diberikan guru.
 Ø  Solusi: Orang tua harus menasehati atau menyuruh dan memberikan batasan waktu siswa untuk istirahat agar pada pagi harinya siswa tidak mengantuk di sekolah, orang tua juga harus memperhatikan porsi sarapan pada anak agar si anak tidak mengantuk pada saat jam pelajaran .Dan guru juga harus memberikan metode pembelajaran yang lebih menarik bagi peserta didiknya sehingga peserta didik tidak bosan .

Masalah 2 : Mencari perhatian dengan cara-cara yang tidak baik   

Ø Penyebab: Siswa dengan masalah seperti ini biasanya di keluarga atau dirumah kurang mendapat perhatian dari salah satu atau kedua orang tua. Sehingga siswa ini mencari-cari perhatian yang tidak dia dapatkan dirumah.
Ø Solusi: solusi yang bisa di capai anatara lain; bisa dengan memberikan perhatian khusus pada siswa tersebut asalkan jangan sampai melewati batas, bisa juga dengan memberitahukan masalah ini pada wali murid dengan begitu orang tua siswa tersebut bisa memberikan perhatian lebih kepada anaknya.

FAKTOR  INTERNAL :
Masalah 1 : Peserta Didik Yang Pemalu
Ø  penyebabnya : Yang pertama ini biasanya dari faktor anak itu sendiri, dan apabila tidak dirubah maka akan selamanya anak itu jadi pemalu terus, tetapi anak yang pemalu bukannya tidak bisa, mungkin ada faktor lain contohnya di dalam memberikan pertanyaan anak itu biasanya malu karena bisa-bisa nanti apa yang ditanyakan salah atau tidak rasional dan biasanya anak itu malu bertanya takut di tertawakan temannya. 
 Ø  Solusi: tidak segampang itu kita merubahnya. Ini perlu perlahan-lahan. Anak semacam ini kita ajak belajar di ruangan terbuka dan kemudian dia bisa bertanya dengan leluasa karena bebas. Bisa saja apa yang ditanyakan itu biasa-biasa saja, tetapi lewat itu kita bisa melatih anak itu untuk bertanya supaya tidak malu dan hal tersebut perlu dilakukan berulang-ulang sampai anak itu percaya diri.

Masalah 2 : Tidak mengerjakan PR
Ø Penyebab: Karena siswa tersebut terlalu lelah dan bisa juga karena siswa tersebut memang ceroboh dan tidak bertanggung jawah atas tugas yang diberikan guru kepadanya
Ø  Solusi: Caranya bisa dengan menambah tugas yang diberikan sehingga anak tersebut akan berusaha mengingat tugas-tugas apa yang diberikan kepadanya dan guru juga dapat member nasehat serta member motivasi agar anak akan lebih berusaha mengerjakan tugas -tugas yang di berikan oleh guru.







FAKTOR EKSTERNAL :
Masalah 1 : Berfikir lambat
Ø Penyebab:  faktor keturunan, dan lingkungan /biologis. Tidak pernah mencoba untuk berfikir secara cepat ini juga di sebabkan perbedaan character manusia ada yang daya pikirnya cepat ada yang daya pikirnya lambat (split personality), lambat dalam berfikir, dan mengacu kepada lambat dalam berprilaku, dan berusaha sesungguhnya merupakan penyakit fisik akibat dari adanya disfungsi sel-sel otak, sekalipun gejala- gejalanya tampak dalam pikiran, perasaan dan prilaku.
Ø Solusi: melatih otak untuk terus menerus untuk berfikir cepat dan menghapal cepat kalau sudah terbiasa maka kebiasaan perfikir lambat Akan hilang belahan lahan intinya kita harus bayak menggali potensi otak selama ini yang kita miliki yaitu meninggalkan hal hal yang lambat kita lakukan maka kita lakukan dengan cepat dan tertata.

Masalah 2 : Stres Pada Anak
Ø  Penyebab : Melihat peristiwa pertengkaran kedua orang tuanya 
Ø  Solusi : Seharusnya kedua orang tua jika mengalami suatu masalah, hendaklah berbicara secra sehat jangan mempertontonkan kemarahan mereka terhadap anak. Karena jika anak-anak melihat kedua orang tuanya bertengkar , anak akan merasa sedih dan stress yang teramat dasyat sehingga anak akan susah menerima pelajaran yang di berikan guru pada saat di sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar